Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Penuhi Kriteria ESG, HOKI Raih Sertifikasi Sustainability Global

Posted by: 2463 viewer

Penuhi Kriteria ESG, HOKI Raih Sertifikasi Sustainability Global
Beras HOKI. (Dok. PT Buyung Poetra Sembada Tbk)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), emiten produsen beras berkualitas dengan brand Topi Koki dan HOKI, resmi mendapatkan Sertifikasi Keberlanjutan (Sustainability) yang dikeluarkan oleh The Planet Mark UK yang berlaku hingga 31 Agustus 2021. Dengan memenuhi kriteria Environmental, Social and Governance (ESG), HOKI meraih sertifikasi keberlanjutan yang diakui secara internasional dan tepercaya. Di mana HOKI berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi jejak karbon.

Budiman Susilo, selaku Direktur HOKI mengatakan, dalam mendapatkan sertifikasi ini, HOKI bekerjasama dengan Turnkey Group, sebuah Operational Sustainability Software & Supply Chain Risk Platform (Sustain-Tech) yang termodulasi. HOKI menggunakan Sustain-Tech SaaS Platform dari Turnkey Group untuk mendigitalkan data lingkungan perusahaan, serta memetakan analitik dan pelaporannya menurut Program Sertifikasi Keberlanjutan Internasional yang terhubung dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (UN Sustainable Development Goals).

“Ini merupakan sertifikasi untuk tahun pertama HOKI. Kedepannya perusahaan akan terus melakukan upaya-upaya pengurangan karbon baik dalam proses produksi maupun dalam packaging,” ujar Budiman.  

IKLAN INFOBRAND.ID

Tercatat dalam sertifikasi, total jejak karbon HOKI periode Januari 2019 hingga Desember 2019 adalah sebesar 5.431,57 tCO2e (tonnes of carbon dioxide equivalent). Budiman menambahkan, di tahun pertama, energi yang diukur adalah dari penggunaan listrik, bahan bakar dan juga packaging.

“Untuk tahun depan kami diberikan target pengurangan karbon 2,5% atau sebesar 135,8 tCO2e,” imbuh Budiman, dalam siaran media yang diterima INFOBRAND.ID, Rabu (2/9/2020).

Melalui sertifikasi tersebut, HOKI turut berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu sebuah bentuk aksi global untuk berbagai masalah pembangunan sosial dan ekonomi serta energi. HOKI berkontribusi pada 4 (empat) tujuan dan 5 (lima) target SDGs, yaitu untuk tujuan Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan, Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, Penanganan Perubahan Iklim, dan juga tujuan untuk Menjaga Ekosistem Darat. Adapun bentuk kontribusi yang diberikan adalah melalui pengukuran jejak karbon, turut menjaga kelestarian hutan hujan tropis serta ikut berdonasi untuk The Eden Project, sebuah badan amal yang berpusat di Cornwall, Inggris untuk mendukung pendidikan tentang perubahan iklim.

Selain melalui Sertifikasi ESG, HOKI terus berupaya meningkatkan produksi secara bertanggung jawab dengan memanfaatkan limbah hasil produksi dengan target zero waste, antara lain: membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sekam Padi di Sumatra Selatan, menggunakan limbah sekam padi di semua mesin pengering (dryer), serta limbah padi lainnya didistribusikan ke pihak lain atau diproses menjadi pelet sekam sebagai bahan bakar ramah lingkungan.

Dengan begitu, HOKI telah mendukung ekonomi rendah karbon, dengan menargetkan sistem produksi beras tanpa meninggalkan limbah (zero waste) serta mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Diharapkan melalui sertifikasi ESG serta penerapan dashboard dari Turnkey Group ini dapat mendukung HOKI untuk terus mengembangkan strategi keberlanjutan jangka panjang dan secara bertahap memperluas kemampuan digitalisasi, pemantauan, dan pelaporan data ke dalam aspek sosial dan tata kelola.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Popular di Ranah Digital, Simba Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Popular di Ranah Digital, Simba Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand sereal yang berada di bawah naungan PT Simba Indosnack Makmur, Simba, berhasil menyabet penghargaan Indonesia Digi...


Hadirkan Produk Andal, Cosmos Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Hadirkan Produk Andal, Cosmos Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand produk peralatan rumah tangga Cosmos berhasil memperoleh penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA)...


Hadirkan Konten Relevan, Hansaplast Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Hadirkan Konten Relevan, Hansaplast Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand plester luka Hansaplast sukses meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand 2024 dari media INFOBRAND.ID bek...


Untuk ke-32 Kalinya, INFOBRAND.ID Sukses Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Untuk ke-32 Kalinya, INFOBRAND.ID Sukses Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah persaingan yang semakin sengit, tingkat popularitas brand menjadi salah satu kunci sukses penjualan produk seb...