Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pentingnya Memanfaatkan Kekuatan Cerita Untuk Branding

Posted by: 4088 viewer

Pentingnya Memanfaatkan Kekuatan Cerita Untuk Branding
Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA (Kanan)

SURABAYA, INFOBRAND.ID - Metode bercerita atau story telling merupakan metode yang cukup efektif dalam menarik perhatian audiens. Dimana melalui sebuah cerita, ikatan emosional dengan audience pun akan terbentuk.

Di dunia bisnis sendiri, metode bercerita bisa digunakan pemasar untuk menarik perhatian konsumen dan pelanggannya. Tidak hanya itu, metode bercerita juga bisa menjadi media sebuah merek untuk memenangkan sebuah kompetisi dengan kompetitor.

Hal ini yang disampaikan oleh Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA dalam kegiatan seminar bertajuk “The Power of Storytelling For Branding” di Universitas Unair Surabaya, Selasa (25/6/2019) kemarin.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Jadi intinya kita sebagai makhluk sosial yang butuh dan suka terhadap cerita. Nah itu kita bisa manfaatkan untuk aktifitas pemasaran. Jadi story telling itu adalah bagian dari keterampilan yang harus dikuasai oleh pemasar bahwa dalam memasarkan produknya, mereka harus bisa membuat cerita dan menceritakan sesuatu yang menarik di balik mereknya,” kata Gancar dalam seminarnya.

Menurutnya, setiap brand pasti punya kisah yang menarik untuk bisa diceritakan. Hal ini juga yang bisa membangun positioning atau diferensiasi dari produk lainnya bahwa cerita akan memunculkan perbedaan dari suatu produk.

"Story telling merupakan materi yang harus dikuasai oleh pemasar, untuk membangun emotion, involvement serta enggagement pada merk. Kreativitas dan inovasi harus selalu diasah dalam internal perusahaan," kata dia.

Selain itu, Gancar juga mengatakan bahwa untuk membuat cerita menarik, pemasar harus mengetahui beberapa poin terlebih dahulu secara jelas. Kesan apa yang ingin kamu berikan setelah calon pengguna melihat ceritamu? Tindakan apa yang semestinya mereka lakukan setelah melihat cerita yang kamu buat? Sehingga pertanyaan tersebut dapat terjawab.

“Jadi saya sebut sebagai 5S yang bisa memunculkan sebuah cerita. Pertama, Sensitivity to find the unique stories; kedua, Scriptwriting; ketiga, Salience aspects for framing; keempat, Share to the right target (consumer and influencer); dan terakhir Survey the results,” tutup Gancar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Bagaimana dengan merek Anda? Apa ada cerita menarik didalamnya?

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Kunci Kesuksesan Membangun Digital PR

Ini Kunci Kesuksesan Membangun Digital PR
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital yang terus berkembang, keberhasilan sebuah organisasi tidak hanya ditentukan oleh produk atau layanan yang mere...


Membangun Personal Branding: Kunci Kesuksesan Calon Anggota DPR

Membangun Personal Branding: Kunci Kesuksesan Calon Anggota DPR
INFOBRAND.ID – Masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah dimulai, para calon anggota legislatif (caleg) pun berupaya untuk mendulang suar...


KIT Global Meningkatkan Kinerja Berbasis AI hingga 70%

KIT Global Meningkatkan Kinerja Berbasis AI hingga 70%
INFOBRAND.ID - KIT Global, spesialis pemasaran kinerja perintis, didirikan pada tahun 2022 dan sejak saat itu telah berkembang pesat di Eropa, Amerika...


Mengenal Mobile Apllication  dan Penggunaan nya di Era Digital

Mengenal Mobile Apllication dan Penggunaan nya di Era Digital
INFOBRAND.ID-Mobile app development adalah proses pembuatan aplikasi untuk perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet....