Senin, 25 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Menjadi Digital Brand Champion

Posted by: 13-03-2019 15:50 WIB 32 viewer

Menjadi Digital Brand Champion
Founder INFOBRAND.ID, Tri Raharjo

Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian besar konsumen sekarang mencari produk tidak langsung ke toko atau pasar melainkan mencari referensi produk melalui  telepon genggamnya. Mereka tinggal berselancar di internet, melakukan searching mencari referensi produk yang dibutuhkan, muncullah  laman yang merekomendasikan banyak tools mulai website, e-commerce sampai terhubung ke social media. Kondisi ini yang harus dipahami pemilik brand.

Tahapan yang bisa dilakukan, menurut Tri,  untuk menjadi digital brand champion adalah dengan melakukan mapping kompetisi. Kita cari tahu brand kita  ada di peringkat  berapa. Kedua, melakukan riset pasar untuk mengetahui seberapa besar orang membutuhkan produk/jasa yang kita miliki. Dengan begitu kita bisa menyusun strategi komunikasi seperti apa yang bisa kita buat sesuai dengan target market yang bidik. “Ketika itu sudah diketahui, barulah kita rancang strategi komunikasi satu per satu. Seperti social media, website, market place dan search engine,”tambahnya.

Ia menilai, social media adalah saluran komunikasi yang paling awal dicermati.  Updating aktifitas harian masyarakat saat ini  ada di social media. Bahkan akses pertama untuk menemukan sebuah produk pun terjadi disitu. Kalau brand kita tidak hadir di social media maka perlahan akan mundur ke belakang disalip yang lain.

Yang kedua search engine. Ketika mencari produk/jasa konsumen sekarang langsung searching ke mesin pencari. “Dari situ kita akan tahu, apakah brand kita hadir disitu dan ada di peringkat dari  laman yang tersedia. Komen dari netizen juga sangat mempengaruhi pembelian dan sebagai bahan untuk kita melakukan improve ke dalam,”ujarnya.

Yang tak kalah menarik, bagaimana menentukan media digital mana yang cocok dengan target market. Social media adalah cara ampuh untuk melakukan engagement. Kita bisa berinteraksi langsung dengan konsumen. Kita bisa mengukur seberapa sering brand kita disebut. 

Formula Three Angle Digital Brand (search enginee, social media dan website) yang merupakan pola komunikasi melalui tiga tools search enginee, social media dan website ini memang formula ampuh dalam melakukan transisi strategi branding dari offline menuju online.

Untuk menjadi brand champion baik di ranah offline maupun online, pertama, popularity brand kita menjadi sangat penting. Setidaknya masuk tiga besar dari sisi awareness. Kalau sudah masuk tiga besar, pertanyaan selanjutnya adalah, apakah produk kita apakah banyak dibeli dibandingkan kompetitor terdekat? Apakah brand kita dipilih. Rating konsumen terhadap sebuah merk menjadi sangat penting. Itu perlunya digital brand monitoring supaya kita bisa melakukan report analisa.   “Yang penting bagaimana  perusahaan bisa adaptif dengan transformasi yang terjadi,”terangnya.

Intinya, di era digital brand  dituntut untuk kreatif melakukan brand activation. Semakin ketatnya persaingan memicu banyak brand  melakukan inovasi karena konsumen di era digital ini semakin kritis dan selektif.[] 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital

Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital
Satu dekade terakhir terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam...


Millennials  & Creativity

Millennials & Creativity
Memang tak mudah untuk mendapat gelar Startup Unicorn.   Tapi Indonesia punya anak-anak muda kreatif yang menggawangi perusahaan rintisan&nb...


Fenomena Dual Screen

Fenomena Dual Screen
PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layan...


Membangun Marketing Channel di Media Digital

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru...


Strategic Branding Management

Strategic Branding Management
Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang t...


Membidik Pasar Milenial

Membidik Pasar Milenial
Berbicara digital dan milenial  itu dua hal yang saling berhubungan.   Enabler atau teknologi nya adalah digital, customernya  ada...


Menjadi Digital Brand Champion

Menjadi Digital Brand Champion
Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian bes...


Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunj...


Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital

Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital
Perkembangan teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat...


Digital Branding Atau Tergerus?

Digital Branding Atau Tergerus?
Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era...


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan

Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan
Banyak pembelajaran menarik bisa dipetik saat mengamati berbagai bisnis. Kali ini kita bahsa aspek yang dikaitkan dengan preferensi konsumen.  Me...


Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???

Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???
Kalimat diatas seringkali kita dengar dari beberapa orang terhadap barang yang sangat mahal. Tentunya akan lebih berbahaya jika diucapkan bagi tenaga...