Senin, 25 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Masuki Era Industri 4.0, Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor

Posted by: 06-03-2019 10:33 WIB 47 viewer

Masuki Era Industri 4.0, Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor
Kemendag/ Foto: dok istimewa

Di tengah ketidakpastian perekonomian dunia, meningkatnya tensi perdagangan antarnegara, dan perkembangan tekonologi, Kementerian Perdagangan telah menyiapkan strategi guna meningkatkan ekspor Indonesia di era industri 4.0. Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita saat menjadi narasumber dalam seminar Business Plan National Festival 1.0 di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (5/3/2019).

“Strategi  yang telah disiapkan Kemendag adalah dengan fokus terhadap produk industri olahan yang bernilai tambah tinggi, mengelola tata niaga impor dengan lebih baik, meninjau perjanjian perdagangan yang ada, menyelenggarakan forum bisnis dan penjajakan bisnis di negara mitra, mengembangkan bidang niaga-el dan ekonomi kreatif, serta memperbaiki kualitas peraturan perdagangan," jelas Mendag.

Langkah yang paling nyata adalah dengan mempererat kerja sama dengan mitra-mitra dagang utama. Misal, dengan Korea, Indonesia mengaktivasi kembali Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement pada 19 Februari 2019. Lalu, Indonesia juga baru saja menandatangani Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) pada 4 Maret 2019. IA-CEPA adalah perjanjian perdagangan yang terdiri dari perdagangan barang, perdagangan jasa, investasi, dan kerja sama ekonomi.

Selain menjalin kerja sama perdagangan, Indonesia juga aktif berpartisipasi dalam pameran dagang internasional seperti World Expo di Dubai dan Shanghai. Di dalam negeri, Indonesia setiap tahunnya juga rutin mengadakan Trade Expo Indonesia (TEI). Pada TEI ke-33 yang diselenggarakan tahun lalu, Kemendag berhasil menarik lebih dari 30 ribu pengunjung dengan nilai transaksi sebesar USD 8,5 miliar.

Mendag menyampaikan, ekspor dan investasi adalah dua hal yang tidak mungkin terpisahkan. Perkembangan investasi Indonesia kini telah mengalami kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. “Daftar negatif investasi yang terakhir diterbitkan pada tahun 2016 telah membuka kesempatan investasi yang lebih besar. Dalam hal kemudahan berusaha, peringkat indeks kemudahan berusaha di Indonesia telah naik ke peringkat 72 pada tahun 2018, dan ditargetkan naik ke peringkat 40 di tahun 2019,” ungkapnya.

Menurut Mendag, Indonesia secara perlahan tapi pasti sedang mengukir reputasi sebagai sebuah ekonomi yang layak diperhitungkan dalam kancah ekonomi global. Perekonomian Indonesia tumbuh rata-rata 5,2 persen dalam hampir tiga dekade ini. Dengan didukung stabilitas makro ekonomi dan dukungan pemerintahan yang solid, Indonesia kini menempati peringkat ke-16 sebagai ekonomi terbesar di dunia, dan peringkat ke-4 sebagai tempat tujuan investasi terfavorit di dunia.

Pada tahun 2050, lanjut Mendag, Indonesia diprediksi akan menjadi ekonomi terbesar ke-3 di Asia dan ke-4 di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat. “Untuk mewujudkan proyeksi perekonomian tersebut, pemerintah saat ini berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan infrastuktur di segala bidang,” pungkas Mendag.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Kemenperin Dorong Tumbuhnya Pusat Inovasi Guna Memasuki Industri 4.0

Kemenperin Dorong Tumbuhnya Pusat Inovasi Guna Memasuki Industri 4.0
Kementerian Perindustrian terus mendorong inovasi sebagai elemen penting dari Revolusi Industri 4.0. Upaya tersebut merupakan implementasi Peta Jalan...


Tingkatkan Efektivitas, Kemendag Perbarui Ketentuan Wajib Label Beras Kemasan

Tingkatkan Efektivitas, Kemendag Perbarui Ketentuan Wajib Label Beras Kemasan
Kementerian Perdagangan melakukan beberapa perubahan ketentuan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 59 Tahun 2018 tentang Kewajiban Pencantuman L...


Kemenkeu Raih Indonesia Branding Campaign of the Year 2019

Kemenkeu Raih Indonesia Branding Campaign of the Year 2019
INFOBRAND.ID - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) baru-baru ini meraih penghargaan Indonesia Branding Campaign of the Year 2019 di Jakarta. Hal ini tak l...


Perkuat Jaringan, Anak Usaha Telkom Caplok Menara PST

Perkuat Jaringan, Anak Usaha Telkom Caplok Menara PST
INFOBRAND.ID - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) baru-baru ini mengakuisisi per...


Ini Bocoran Tarif MRT dan LRT yang Diusulkan Pemprov DKI

Ini Bocoran Tarif MRT dan LRT yang Diusulkan Pemprov DKI
INFOBRAND.ID – Layanan Moda Raya Terpadu (MRT) dan  Light Rail Transit (LRT) masih menjadi perbincangan hangat di media-media nasional, ter...


Pengumuman! Garuda Indonesia Layani Penerbangan Jakarta - Nagoya

Pengumuman! Garuda Indonesia Layani Penerbangan Jakarta - Nagoya
INFOBRAND.ID – Kabar gembira bagi anda yang memiliki rencana berlibur ke Jepang dalam waktu dekat ini. Pasalnya, maskapai penerbangan Garuda Ind...


Inspiratif, Menperin Airlangga Hartarto Raih Penghargaan Obsession Awards 2019

Inspiratif, Menperin Airlangga Hartarto Raih Penghargaan Obsession Awards 2019
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meraih penghargaan Obsession Awards 2019 untuk kategori Best Achiever in Ministry. Penghargaan ini diberikan...


PLN Beri Diskon Tambah Daya Listrik Hingga 100%

PLN Beri Diskon Tambah Daya Listrik Hingga 100%
INFOBRAND.ID – PT PLN (Persero) mengabarkan bahwa pihaknya telah memberikan potongan harga atau diskon khusus kepada para pelanggannya yang ingi...


Kemenperin Angkat Sarung Jadi ‘New Lifestyle’

Kemenperin Angkat Sarung Jadi ‘New Lifestyle’
Kementerian Perindustrian turut memeriahkan acara Festival Sarung Indonesia 2019 yang digelar di Jakarta, beberapa waktu lalu. Dukungan ini melalui fa...


Masuki Era Industri 4.0, Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor

Masuki Era Industri 4.0, Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor
Di tengah ketidakpastian perekonomian dunia, meningkatnya tensi perdagangan antarnegara, dan perkembangan tekonologi, Kementerian Perdagangan telah me...


PACT Centre: Bukti Panasonic dalam Memberikan Pelayanan Maksimal

PACT Centre: Bukti Panasonic dalam Memberikan Pelayanan Maksimal
PT Panasonic Gobel Indonesia, salah satu usaha terbesar di Indonesia resmi menjalin kerjasama dengan Tana Shop selaku penjual produk khusus Panasonic...


UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?

UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?
INFOBRAND.ID – Di era digital ini, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perlu mendapat dukungan maksimal dari pemerintah. Hal ini sejalan deng...


Kemendag Dukung Pelaksanaan BUMN-UKM Great Sale 2019 di Solo

Kemendag Dukung Pelaksanaan BUMN-UKM Great Sale 2019 di Solo
Kementerian Perdagangan berkomitmen terus meningkatkan pemasaran produk usaha kecil menengah (UKM), salah satunya melalui keikutsertaan dalam pameran....


Kemenperin Dorong Industri Daur Ulang di Sektor Otomotif

Kemenperin Dorong Industri Daur Ulang di Sektor Otomotif
Kementerian Perindustrian mendorong implementasi industri daur ulang atau recycle industry untuk sektor otomotif. Konsep tersebut dinilai mampu mendon...


Terra Drone Berinvestasi di Perusahaan Jasa Drone AeroGeosurvey Indonesia

Terra Drone Berinvestasi di Perusahaan Jasa Drone AeroGeosurvey Indonesia
Pada Januari 2019, telah dilakukan kolaborasi antara Terra Drone dengan AeroGeosurvey Indonesia melalui investasi berupa modal dan teknologi. Sebagai...