Perusahaan yang penyedia daging super berkualitas, Mitloin, semakin kewalahan untuk memenuhi permintaan pasar atas daging yang berkualitas. Atas dasar itulah, pada pertengahan 2019, brand yang berada dibawah naungan PT Mitloin Global Group membuka peluang kerjasama dengan skema franchise.
Presiden Director Mitloin Dananto Adiwisesho mengatakan pertumbuhan permintaan pasar yang melonjak saat ini membuat pihaknya semakin kewalahan dalam memenuhi demand. Sebab, lanjut Dananto, pengiriman bahan baku daging hanya di-supply oleh toko pusat yang berada di Bekasi.
“Customer kami berada di wilayah Jabodetabek, bahkan ada juga yang di luar kota, seperti Cirebon dan Semarang. Untu itu, kami membuka peluang kerjasama kepada mitra untuk ambill bagian dari kesuksesan Mitloin,” ujarnya dalam wawancara kepada Redaksi.
Rencananya, customer Mitloin yang ada di berbagai daerah itu akan dicukupi permintaannya oleh cabang yang paling dekat dengan lokasi order. Membludaknya demand pasar terhadap produk berkualitas Mitloin tidak lepas dari semakin masifnya bisnis kuliner yang sekarang cukup pesat.
Dari sisi nilai investasi, perusahaan yang pertama kali menjalankan bisnis pada 2012 itu membandrol angka Rp350 juta untuk kontrak 10 tahun. Nantinya, mitra akan dicarikan tempat usaha, renovasi, sejumlah peralatan operasional, dua orang karywan dan stok bahan baku. Terkhusus bahan baku, bos Mitloin itu menyebut mitra akan mendapatkan stok daging sebanyak 700 Kg untuk jangka waktu satu bulan.
“Jika dalam dua minggu stoknya habis maka akan kami tambah lagi. Untuk sistem keuntungan, kami menerapkan bagi hasil 50:50 atas margin yang didapat dari penjualan,” tuturnya.
Adapun untuk lokasi, Mitloin menargetkan beberapa pusat keramaian seperti pasar dan perumahan dengan kebutuhan lahan minimal 4x5 meter.
“Investasi Rp350 juta itu bebas fee management atau royalty fee, cuma di awal saja untuk kerjasama selama 10 tahun. Jika kontrak habis, tinggal inject lagi modal yang sama untuk 10 tahun berikutnya. Jadi, mitra tinggal invest uang, running bisnis, bagi hasil, simple,” ungkapnya.
Selain unsur bisnis, Mitloin juga mengusung misi sosial dengan misi menyediakan daging kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau.
“Harapan kami Mitloin menjadi toko daging dengan jaringan bisnis yang luas dan dapat menjadi solusi penyedia daging berkualitas dengan harga terbaik,” tutupnya.