Bicara soal inovasi rasanya merek speaker yang telah berdiri sejak 70 tahun lamanya ini sudah tak diragukan lagi, JBL yang merupakan merek speaker global pertama di dunia ini mampu pertahankan mereknya dengan adaptif dengan lakukan inovasi baru.
Daniel Rustandi selaku Indonesia Channel Head JBL Indonesia mengatakan, “Inovasi kami lakukan secara terus menerus mengingat kita adalah produk gadget ya, jadi kita punya banyak produk-produk yang bisa diakses melalui handphone, atau produk speaker yang diakses secara wireless,”ungkap Daniel kepada INFOBRAND.ID.
Daniel pun juga menceritakan bahwa produk inovasinya tersebut juga memenangkan Guinness Book Of Record sebagai inovasi speaker yang mampu menyambung 1000 speaker kecil ini dengan mudah, dan mampu bersuara semua hanya dengan satu sumber.
“Untuk inovasi-inovasi lain sebetulnya banyak hanya yang lain mungkin tidak aware, karena merupakan kategori produk audio luxury dirumah,” kata Daniel.
Daniel melanjutkan, “Saya rasa yang memang betul-betul pertama di indonesia adalah speaker wireless, mengingat kita merupakan brand speaker, dan kita membuat speaker wireless ini dengan tersedia dalam beberapa produk dari earphone, headphone, portable, hingga home theater.”
Yang JBL klaim sebagai yang pertama ialah produk JBL Flip 4 dengan Full Range Wireless atau Complete Range Wireless dari kontrol speaker, sport headphone, atau lifestyle headphone. Produk-produk tersebut tak hanya dibuat JBL hanya 1 atau 2 jenis produk melainkan banyak jenis-jenisnya hingga sampai 10 produk.
“Kalau kita komplit dari value ekonomis sampe profesional, kita punya 7 sampai 10 model untuk sport saja ya, untuk portable sendiri langsung wireless kita punya 7 model, jadi di setiap segmen itu punya inovasi-inovasi yang kita ingin fokuskan ke Indonesia,” jelas Daniel.
Soal penjualan sendiri Daniel mengatakan bahwa menurut hasil survey yang baru-baru ini JBL dengan merek Harman Kardon miliknya jika digabungkan merupakan pemegang market sales terbesar hingga mencapai angka 55%-58%, angka tersebut tentu saja bisa disebut sebagai merek terbesar di Indonesia dalam kategorinya.
Daniel pun ungkapkan harapan kedepanya JBL maupun nama anak perusahaannya yang lain teteap aktif dalam melakukan inovasi, “Kalau anda lihat secara global jika ada pameran-pameran bergengsi itu kita tidak pernah absen untuk ikut, itu tentunya menunjukkan bahwa brand kami secara routine terus melakukan kualitas dan inovasi hidup atau lifestyle di Indonesia maupun secara global,” tutup Daniel.