INFOBRAND.ID, JAKARTA – Dalam beberapa tahun terakhir, brand-brand Asli Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang signifikan, dengan banyak di antaranya berhasil bersaing dan unggul di pasar yang biasanya didominasi oleh brand multinasional.
Hal ini dikarena kan saat ini, Brand-brand lokal semakin fokus dalam mengembangkan produk dan konsisten menciptakan inovasi yang berkelanjutan, sehingga mereka tidak hanya mampu menarik perhatian konsumen lokal tetapi juga membuktikan kualitasnya di tingkat global.
Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengungkapkan, produk dari Brand-brand lokal tidak lagi hanya menjadi sekadar pilihan, tetapi telah menjadi simbol kebanggaan dengan menawarkan kualitas dan inovasi yang up to date.
Oleh karena itu, untuk ketiga kalinya INFOBRAND.ID kembali bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia untuk memberikan apresiasi atas pencapaian Brand-brand lokal yang unggul dalam membangun popularitas brand, keterpilihan dan kepuasan konsumen di ranah digital melalui penghargaan BRAND INDONESIA EXCELLENCE AWARD 2024.
“Kami berharap penghargaan ini akan semakin meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk asli Indonesia. Sehingga brand-brand lokal tidak hanya dikenal, tetapi juga dicintai dan dipilih oleh masyarakat,” ujarnya.
Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, menyatakan pihaknya telah melakukan riset Brand Indonesia Excellence untuk mengukur bagaimana brand lokal membangun popularitas dan kepuasan konsumen di ranah digital.
Selanjutnya, brand-brand yang unggul berdsaarkan riset Brand Indonesia Excellence Index akan memperoleh penghargaan Brand Indonesia Excellence Award. Penghargaan ini, lanjut Tri Raharjo lagi, merupakan upaya untuk mendorong lebih banyak brand Indonesia berinovasi dan memperkuat posisinya di pasar.
“Riset tersebut kami lakukan melalui pendekatan digital research yang mengacu kepada tiga parameter penilaian, yaitu: Digital Brand Asset Aspect, Digital Brand Awareness Aspect dan Digital Consumer Review & Rating Aspect,” jelasnya.
Pelaksanaan awarding ceremony nanti bertepatan dengan kegiatan tahunan INFOBRAND.ID yaitu BRAND INDONESIA SUMMIT 2024 yang bekerja bersama Indonesia Brand Community (IBC) dengan mengusung tema “Building a Resilient National Brand”.
“BRAND INDONESIA SUMMIT 2024 nanti akan memberikan insight penting dalam membangun merek nasional yang kuat dan sustain dalam menghadapi tantangan global dan pasar yang bergerak dinamis,” tukasnya.
Untuk narasumber yang menjadi pembicara diantaranya adalah: Prof Agus W Soehadi, Profesor Marketing dan Guru Besar Universitas Prasetya Mulya. Kemudian, Arto Soebiantoro, Brand Activist & Founder Gambaran Brand, dan Tri Raharjo, Chairman Indonesia Brand Community (IBC) & CEO TRAS N CO Indonesia.
Adapun, untuk penyelenggaraan Awarding Ceremony BRAND INDONESIA EXCELLENCE 2024 dan BRAND INDONESIA SUMMIT akan dilaksanakan pada Kamis, 31 Oktober 2024 di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta.