Bisnis roti di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Salah satunya adalah bisnis kemitraan roti Popibu Coffee Bun. Ya, meskipun masih tergolong baru (sejak Agustus 2018), tapi roti dengan topping kopi citarasa khas Meksiko ini telah menunjukkan keperkasaannya sebagai salah satu bisnis roti yang menguntungkan.
Hal ini dibuktikan dengan penambahan beberapa jumlah gerai yang begitu cepat. Saat ini Popibu telah memiliki 18 outlet yang tersebar di Bekasi, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Depok dan Karawang.
“Pertambahan outlet sudah lumayan bagus. Luar kota sih banyak, Cuma kita belum bisa penuhi. Ini juga masih ada antrian dua outlet lagi,” ujar Manager Marketing Popibu, Ahmad Reza.
“Strateginya, kita gabungkan antara strategi online maupun offline. Jadi kedunya itu harus dilakukan secara bersamaan. Online jalan, offline juga jalan,” katanya.
Tidak ada perubahan nilai investasi untuk calon investor. Ada dua paket kemitraan yang ditawarkan, yakni Paket Silver Rp60 juta untuk Jabodetabek dan Paket Gold Rp275 juta untuk luar Jabodetabek.
Adapun benefit yang didapat dari kedua paket tersebut adalah semua perlengkapan seperti oven, proofer, freezer, meja kerja, meja display, training dan bahan baku awal. Khusus untuk Paket Gold, mitra akan mendapat tambahan seperti mixer spiral, mixer planetary dan juga kulkas.
Tidak ada royalty fee yang dibebankan ke mitra. Hanya saja, mitra diwajibkan untuk membeli bahan baku adonan roti di kantor pusat dengan harga Rp2300 per roti termasuk topping krim kopi.
Perkiraan omset bisa mencapai Rp1,5 juta dengan target 300 roti laku terjual per harinya. Dengan begitu, dalam kurun waktu 5 bulan saja mitra sudah bisa balik modal.