Senin, 25 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Fenomena Dual Screen

Posted by: 13-03-2019 16:07 WIB 39 viewer

Fenomena Dual Screen
Managing Director PT Nielsen Indonesia, Agus Nurudin

PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layanan Digital Ad Rating dan  Total Ad Rating yang cukup untuk mengejar apa yang ada di pasar saat ini. Selain itu kami juga lengkapi layanan  Digital Content Rating dan  Total Content Rating.  

Kami juga sudah bekerjasama dengan 7 platform e-commerce  player.  Ada Lazada,  JD-Id, Alfa-Cart, Hypermart Online, Watson Online, Orami dan Shoppe. Mereka  berpartner dengan Nielsen untuk mengukur perkembangannya  Sejauh ini penjualan mereka solid double digit.

Akselerasi  tren digital semakin kuat karena ini penetrasi baru dan  terkait dengan digital consumer behaviour.  Dengan adanya media digital, konsumen semakin dimudahkan  aksesnya dalam membeli produk.  Penetrasi  internet pun  semakin bagus.  Saat ini pengguna internet   sudah mencapai 48% dari total penduduk Indonesia. Jumlahnya sudah mencapai  100 juta lebih.

Masyarakat semakin dimudahkan mengakses internet.  Dan, sangat menarik bahwa aplikasi online shop saat ini  penetrasinya 63%,   tertinggi nomor dua setelah social media yang 99% dari pengguna smartphone memiliki aplikasi  seperti facebook, instagram dan sebagainya.  

Tapi jangan salah! Sampai saat ini penetrasi dari media televisi masih di 95%. Semakin meningkatnya penggunaan media digital menciptakan asumsi  media digital mendominasi media konvensional.  Tapi belum tentu juga. Contoh! Sekitar 97% Generasi Z (10–19 tahun)  masih menonton televisi, 50% mengakses internet, 33% mendengarkan radio, 7% menonton televisi berbayar dan 4% membaca media cetak. Sedangkan Generasi Milenial (20 – 34 tahun), 96% dari mereka menonton televisi dan 58% mengakses internet.

Yang jelas, konsumen di semua generasi sama-sama mengakses internet. Sehingga, kebiasaan multi-screen dengan media digital menjadi suatu hal yang lumrah.

Televisi masih menjadi media pilihan untuk membangun brand. Hanya saja, sekarang ini perilaku penontonnya berubah. Mereka  menonton tv sambil bawa handphone.  Fenomena dual screen ini terjadi.  Mereka terbiasa  melakukan dual activities dalam waktu yang  bersamaan.  Yang dual Screen ini orang berusia 16-29 tahun jumlahnya di atas 96% dari total pemirsa televisi. Sedangkan yang berusia 40 tahun ke atas di atas 82% dari total pemirsa  televisi.  

Tak berarti budget promosi  harus naik karena pasti ada pertimbangan tertentu kapan pasang iklan di tv dan kapan iklan di  media digital. Tergantung kepentingannya apa dan  target audience siapa dan  kategori karakternya seperti apa. Masing-masing brand punya strategi sendiri-sendiri.  Bahwa  pemilik online services mengalokasikan di media online dengan proporsi lebih tinggi sekitar 10%.

Proporsi  tv masih di sekitar 75% dari total spending iklan di tanah air. Sekitar 10% digital, sisanya untuk koran, radio dan iklan out door. Mana yang lebih efektif? Saya tidak berani memprediksi. Yang jelas, yang harus dievaluasi adalah efektifitasnya.

Tak sedikit konsumen yang masih menggunakan Omni  Channel --menggunakan dual channel, offline dan online--.Konsumen Omni Channel  jumlahnya 56% di tahun 2016. Perilaku konsumen yang pakai Omni Channel ini  diantaranya  yang membeli barang elektronik . Untuk belanja barang yang cukup bernilai, mereka akan lakukan survey baik melalui online, lalu mereka tetap pergi ke toko juga –offline-- . []

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital

Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital
Satu dekade terakhir terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam...


Millennials  & Creativity

Millennials & Creativity
Memang tak mudah untuk mendapat gelar Startup Unicorn.   Tapi Indonesia punya anak-anak muda kreatif yang menggawangi perusahaan rintisan&nb...


Fenomena Dual Screen

Fenomena Dual Screen
PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layan...


Membangun Marketing Channel di Media Digital

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru...


Strategic Branding Management

Strategic Branding Management
Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang t...


Membidik Pasar Milenial

Membidik Pasar Milenial
Berbicara digital dan milenial  itu dua hal yang saling berhubungan.   Enabler atau teknologi nya adalah digital, customernya  ada...


Menjadi Digital Brand Champion

Menjadi Digital Brand Champion
Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian bes...


Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunj...


Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital

Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital
Perkembangan teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat...


Digital Branding Atau Tergerus?

Digital Branding Atau Tergerus?
Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era...


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan

Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan
Banyak pembelajaran menarik bisa dipetik saat mengamati berbagai bisnis. Kali ini kita bahsa aspek yang dikaitkan dengan preferensi konsumen.  Me...


Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???

Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???
Kalimat diatas seringkali kita dengar dari beberapa orang terhadap barang yang sangat mahal. Tentunya akan lebih berbahaya jika diucapkan bagi tenaga...