Kamis, 25 April 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Posted by: 08-11-2018 10:12 WIB 412 viewer

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Amalia E Maulana, Branding Consltant & Ethnographer di acara IDPBA 2018

Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsumennya. Menyikapi hal tersebut, Amalia E Maulana, Ph.D. selaku Branding Consultant & Ethnographer, Director  ETNOMARK Consulting, mengulas pentingnya peranan media digital dalam pembangunan sebuah brand dalam kapasitasnya sebagai keynote speaker acara Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2018.

Acara yang diselenggarakan oleh TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan Infobrand.id serta IMFocus Digimarketing, Jumat (2/11/2018) diselenggarakan di Hotel Shangri-La, Jakarta merupakan acara penghargaan bagi prestasi kegiatan digital sebuah brand.  Amalia menyampaikan apresiasi terhadap program kompetisi antar brand ini, karena meningkatkan awareness tentang pentingnya edukasi digital branding terhadap Decision Makers, khususnya bagi mereka yang masih ‘zaman old’. Masih banyak pengambi keputusan yang menganggap kegiatan digital ini hanya sekedar melengkapi kegiatan MarCom brand saja. Alokasi resources belum sepenuhnya diberikan untuk kegiatan digital, dan hasilnya menjadi tidak optimal.

Tetapi, di sisi lain, ia mengingatkan bahwa acara penganugerahan Digital Brand Champion semacam ini jangan sampai membuat para pemasar muda millennial  'Zaman Now' berpendapat bahwa semua aspek kegiatan pemasaran sudah harus berpusat pada yang berbau digital. Mereka perlu disadarkan juga bahwa dalam dinamika kehidupan konsumen atau yang disebut dengan 'the Dynamic Consumer Journey',  tidak semua aspek kehidupan konsumen yang berubah menjadi digital. Perusahaan harus memahami secara holistik insights tentang media habit konsumen di segmen yang dibidik, sehingga bisa mendisain Integrated Brand Communication - digital dan non-digital.

“Setuju, kita memang harus lebih alert terhadap peranan kegiatan pemasaran digital, karena ini memang sudah 'Zaman Now', tetapi jangan 'kebablasan', yaitu  melupakan peranan media konvensional - non-digital.  Dengan kata lain, seolah offline tidak penting dan tidak perlu dipakai lagi. Digital semakin meningkat peranannya dalam pembangunan brand, karena sebenarnya digital itu mempermudah berbagai aspek kehidupan konsumen. Bagi brand, digital merupakan channel untuk berinteraksi, berkomunikasi, channel untuk berjualan, untuk memahami perilaku konsumen, dll."

Pemahaman mendalam tentang needs dan perilaku konsumen yang dilengkapi dengan media habit kesehariannya, membuat brand manager mempunyai informasi dan insights yang cukup untuk memberikan pengarahan kepada para creative partner mereka. Keputusan membelah rasio offline-online ditentukan oleh 'Communication objectives' brand, bukan oleh budget yang dimiliki oleh divisi digital dan divisi non-digital. Memahami dinamika Consumer Journey menjadi kunci keberhasilan strategi kampanye MarCom. Paduan kedua channel online-offline ini memiliki perannya masing-masing dalam memberikan sumbangsih terhadap tujuan komunikasi brand secara keseluruhan.

Sementara itu, gap lain di perusahaan adalah baik decision makers Zaman Old dan Zaman Now keduanya perlu memahami fundamental branding - strategic brand managemenet - yang mana seringkali masih dipahami secara parsial. Pemborosan budget marcom dimulai dari menyerahkan budget marcom kepada decision makers yang belum mengerti 'big picture' prinsip branding. Kegiatan Marcom yang sporadis dan teknis, walaupun didisain secara sophisticated oleh creative agency terhebat sekalipun, beresiko pemborosan biaya marcom - tidak efektif dan tidak efisien dalam perjalanan mencapai cita-cita Brand.

Amalia menekankan mengapa Decision Makers Zaman Old perlu lebih menyadari pentingnya digitalisasi brand dan integrasi digital-non digital juga berhubungan dengan perubahan struktur organisasi pemasaran di perusahaan. "Sebaiknya integrasi sudah dilakukan dalam proses pengambilan keputusan kegiatan MarCom. Beberapa perusahaan yang saya amati mempunyai kotak-kotak yang terpisah antara tim pemasaran digital dan non-digital, dan mereka jarang 'talk to each other' saat mendisain kegiatan marcom. Sekat-sekat ini harus dibuka dan diminimalkan," demikian Amalia menutup pembahasannya malam tersebut.

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Yuswohady : Inovasi Bukan Semata Kebutuhan, Tetapi Survivalnya Setiap Perusahaan

Yuswohady : Inovasi Bukan Semata Kebutuhan, Tetapi Survivalnya Setiap Perusahaan
INFOBRAND.ID – Yuswohady selaku Managing Partner, Inventure mengatakan inovasi bukan hanya menjadi kebutuhan melainkan sudah menjadi upaya survi...


Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'

Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'
INFOBRAND.ID – Kata-kata inovasi saat ini menjadi salah satu tema sentral, terutama di era revolusi industry 4.0 ini. Dimana semua jenis organis...


Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital

Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital
Satu dekade terakhir terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam...


Millennials  & Creativity

Millennials & Creativity
Memang tak mudah untuk mendapat gelar Startup Unicorn.   Tapi Indonesia punya anak-anak muda kreatif yang menggawangi perusahaan rintisan&nb...


Fenomena Dual Screen

Fenomena Dual Screen
PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layan...


Membangun Marketing Channel di Media Digital

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru...


Strategic Branding Management

Strategic Branding Management
Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang t...


Membidik Pasar Milenial

Membidik Pasar Milenial
Berbicara digital dan milenial  itu dua hal yang saling berhubungan.   Enabler atau teknologi nya adalah digital, customernya  ada...


Menjadi Digital Brand Champion

Menjadi Digital Brand Champion
Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian bes...


Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunj...


Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital

Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital
Perkembangan teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat...


Digital Branding Atau Tergerus?

Digital Branding Atau Tergerus?
Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era...


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Sign In
VIP Members

BRAND UPDATES








Index

EDITOR NOTES




Index

OPINIONS







Index