Senin, 19 Mei 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Dari UMKM hingga Kreator Afiliasi: Sinergi TikTok Shop by Tokopedia Dorong Perempuan Tangguh di Dunia Digital

Posted by: Alvin Pratama | 21-04-2025 11:43 WIB | 770 views

Dari UMKM hingga Kreator Afiliasi: Sinergi TikTok Shop by Tokopedia Dorong Perempuan Tangguh di Dunia Digital Sinergi TikTok Shop by Tokopedia Dorong Perempuan Tangguh di Dunia Digital

INFOBRAND.ID-Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, TikTok dan Tokopedia, melalui sinergi TikTok Shop by Tokopedia, menegaskan komitmen berkelanjutan mereka dalam memberdayakan perempuan Indonesia di era digital. Kedua platform ini berupaya menjadi bagian integral dari perjalanan para perempuan yang ingin mengembangkan diri dan meraih kemandirian melalui pemanfaatan teknologi.

Rizky Juanita Azuz, Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, menyampaikan keyakinannya akan peran sentral perempuan dalam menggerakkan ekonomi digital. “Melalui Tokopedia dan TikTok Shop, kami membuka lebar peluang bisnis daring bagi para pelaku usaha perempuan untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia dan tumbuh bersama. Sebagai contoh, TikTok Shop by Tokopedia bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melalui program Creators Lab x Emak Emak Matic (Emak-Emak Melek Teknologi) untuk melatih ratusan perempuan usia produktif menjadi affiliate content creator yang mampu menghasilkan pendapatan dari promosi produk UMKM lokal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rizky menyoroti upaya rutin Tokopedia dan TikTok Shop dalam memberikan ruang bagi UMKM perempuan untuk berkreasi melalui bisnis daring. “Bolosego dan Animate adalah contoh nyata usaha yang didirikan oleh perempuan di Tokopedia dan TikTok Shop, yang juga turut memberdayakan perempuan lainnya untuk berkarya,” imbuhnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

Kisah sukses Dyah Laily Fardisa, pendiri usaha oseng mercon Bolosego asal Sleman, Yogyakarta, menjadi inspirasi. Berdiri pada tahun 2020 setelah terdampak PHK, Dyah tidak hanya bangkit untuk diri sendiri, tetapi juga merangkul ibu-ibu penjual oseng mercon dan ibu-ibu di sekitar warungnya yang mengalami nasib serupa.

“Awalnya, Bolosego hanya mempekerjakan 8 ibu-ibu. Kini, kami memiliki 150 karyawan, di mana 50% di antaranya adalah perempuan yang memegang peranan penting dalam menjaga kualitas rasa Bolosego. Kontribusi Tokopedia dan TikTok Shop sangat signifikan, mencapai 70% dari pendapatan online kami,” ungkap Dyah.

Yunna Mercier, pendiri brand perawatan kulit dan kecantikan lokal Animate pada tahun 2021, juga berbagi kisahnya. Terinspirasi dari pengalaman pribadinya, Yunna membangun Animate dan memasarkannya secara digital melalui Tokopedia dan TikTok Shop. “Fitur Live Shopping dan Ads sangat membantu peningkatan penjualan Animate. TikTok Shop berkontribusi sekitar 30% dari penjualan online kami. Saat ini, kami memberdayakan sekitar 800 karyawan, dengan 70% di antaranya adalah perempuan yang bekerja di kantor pusat Jakarta dan pabrik kami di Bogor,” jelas Yunna.

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

Tak heran jika TikTok telah menjelma menjadi ruang kreatif yang inklusif bagi para kreator dan komunitas perempuan untuk saling terhubung, berbagi inspirasi, dan menyebarkan energi positif. Tagar #PerempuanHebat di TikTok menjadi wadah bagi perempuan untuk menyampaikan pandangan, pengetahuan, serta mengekspresikan minat dan bakat melalui konten singkat yang kreatif dan menginspirasi.

Suci Ambar Wati (@suciambarwati25), seorang guru sejarah, memanfaatkan kekuatan penemuan TikTok untuk menunjukkan bagaimana #PerempuanBisa menggunakan platform ini tidak hanya untuk berbagi minat, tetapi juga menginspirasi orang lain untuk memperluas akses edukasi tanpa batasan ruang dan waktu.

“Melalui konten sejarah dan budaya yang saya bagikan di TikTok, saya berharap dapat mengedukasi masyarakat tentang kekayaan bangsa sekaligus menginspirasi perempuan untuk berbagi ilmu yang mereka miliki. Saya ingin menunjukkan bahwa perempuan dapat menjadi sumber inspirasi dan edukasi, baik di kelas maupun di dunia digital. Ini adalah cara saya mewujudkan semangat Kartini—mendorong perempuan untuk memanfaatkan berbagai kesempatan untuk memperluas pengetahuan, membangun komunitas, dan saling menguatkan, seperti yang saya lakukan bersama TikTok,” kata Suci.

IKLAN INFOBRAND.ID

JASA PRESS RELEASE

Didukung oleh kekuatan penemuan, konten autentik, dan komunitas yang solid dari TikTok, lanskap e-commerce kini memasuki era baru yang dikenal sebagai “discovery e-commerce”. Era ini memberdayakan pengguna Tokopedia dan TikTok Shop, baik penjual maupun pembeli, serta para kreator untuk mencapai potensi yang lebih besar.

Munculnya profesi kreator afiliasi menjadi salah satu manifestasi dari discovery e-commerce. Para kreator ini memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan melalui promosi produk dari jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop. Amelia Hasanah (@amel_queens), seorang ibu rumah tangga yang kini dikenal sebagai kreator affiliate fesyen inspiratif, adalah salah satu contohnya.

Berawal dari kecintaannya pada dunia fesyen, Amel mulai berbagi tips mix and match outfit melalui TikTok. Sejak bergabung sebagai kreator affiliate TikTok Shop by Tokopedia pada tahun 2022, Amel juga aktif mempromosikan produk fesyen muslim lokal.

“Berkat menjadi kreator affiliate di TikTok Shop, pendapatan saya lebih dari cukup untuk menafkahi keluarga hingga memiliki tabungan pendidikan untuk anak sampai perguruan tinggi. Saya sangat bersyukur passion bisa menjadi sumber penghasilan tanpa mengganggu peran utama saya sebagai ibu rumah tangga,” pungkas Amelia.

Tren Belanja Online Perempuan Indonesia 
Data internal Tokopedia dan TikTok Shop menunjukkan tren menarik terkait partisipasi perempuan sebagai pembeli. Di Tokopedia, beberapa daerah mencatatkan jumlah pembeli perempuan yang signifikan selama kuartal I 2025, termasuk Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Gorontalo. Hal ini mengindikasikan semakin banyak perempuan yang terhubung dan terbiasa bertransaksi secara digital, terutama di platform yang menawarkan pengalaman belanja yang aman dan mudah.

Dari sisi produk, kategori yang digemari perempuan di Tokopedia seperti Fesyen Perempuan, Ibu dan Bayi, Kecantikan, Muslim Fesyen, serta Fesyen Anak dan Bayi mengalami peningkatan penjualan selama kuartal I 2025.

Secara keseluruhan, TikTok Shop mencatat pertumbuhan jumlah pembeli perempuan di berbagai daerah, termasuk Maluku Utara, Sulawesi Barat, Aceh, Lampung, dan Bali, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat. Hal ini menunjukkan jangkauan TikTok Shop by Tokopedia yang semakin luas, termasuk menjangkau perempuan di luar kota-kota besar.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV