Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Branding Melalui Jasa Endorser di Era Digital, Seberapa Efektif?

Posted by: 2123 viewer

Branding Melalui Jasa Endorser di Era Digital, Seberapa Efektif?
Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo

JAKARTA, INFOBRAND.IDEra digital boleh dibilang telah dikuasai oleh para remaja yang kreatif dalam memanfaatkan kecanggihan dan kemudahan teknologi, terutama media sosial. Bagi penggunanya, istilah endorser pun bukan lagi hal yang tabu.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak endorser yang dilakukan oleh para remaja melalui media sosial seperti Instagram maupun Youtube. Bahkan beberapa brand pun telah menggunakan jasa selebriti dan selebgram sebagai promosi produk atau bisnis mereka.

Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo saat diwawancara INFOBRAND.ID mengatakan bahwa penggunaan jasa endorser seperti selebgram, influencer maupun Youtuber oleh para pelaku brand tentunya dapat mendongkrak brand awareness dari merek itu sendiri. Apalagi, kata dia, saat ini pengguna internet telah mencapai angka 171 juta jiwa yang tentunya ini akan mempermudah para pelaku brand untuk mempromosikan produknya secara digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

Meski menurut Tri penggunaan jasa endorser sah-sah saja untuk para pelaku brand, tapi mereka juga harus memperhatikan tingkat eksekusinya agar dapat berjalan dengan baik.

“Menurut saya ini yang paling penting. Jangan sampai kita sudah melakukan jasa endorser, tapi setelah mereka posting produk kita di sosial media mereka, orang cari produk tersebut ternyata susah didapatkannya. Itu jangan sampai terjadi. Karena kalau sudah begitu nanti dapat menurunkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual,” kata Tri.

“Jadi pastikan juga distribusinya sudah bagus, produknya kompetitif, transaksinya juga lebih mudah, kesiapan sales atau marketing internalnya juga sudah ready. Sehingga orang yang melakukan transaksi itu dimudahkan dengan adanya pola penjualan yang sudah disiapkan sedemikian rupa,” sambungnya.

Lebih lanjut Tri mengatakan bahwa pemilihan endorser yang tepat juga harus menjadi perhatian khusus. Hal ini tentunya agar strategi pemasaran yang sudah dirancang bisa berjalan dengan efektif.

“Saya kira jumlah followers mereka juga sangat berpengaruh. Lalu kita juga bisa lihat followers mereka siapa saja. Apakah cocok dengan produk atau jasa yang akan kita jual. Ketika cocok, tentu seberapa efektif itu perlu kita tanyakan ke mereka. Karena tergantung juga dengan goal kita itu apa. Tujuannya brand awareness atau sales? Nah itu bisa kita ukur dan pastikan itu terdeliver secara baik. Karena nantinya itu akan berbanding lurus dengan result akhir,” tutup Tri. [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...