Senin, 25 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

“3 si” Yang Perlu Dilakukan Oleh Sales Di Era Disruptif

Posted by: 03-08-2018 13:43 WIB 224 viewer

“3 si” Yang Perlu Dilakukan Oleh Sales Di Era Disruptif
Dedy Budiman - Champion Sales Trainer

Era disruptif adalah sebuah era dimana perubahan begitu masif terjadi sehingga mengganggu dan merusak pasar yang sudah ada. Era ini memberikan dampak yang sangat besar, termasuk mengganggu tatanan dalam dunia penjualan.

Salah satu contohnya ada sebuah toko pembuat kue ulang tahun, sebut saja toko Party Cake, yang sebelumnya memiliki pelanggan yang ramai, hampir setiap hari banyak orang datang ke sana untuk memesan kue ulang tahun. Namun, beberapa tahun terakhir ini pengunjung yang datang ke toko semakin menurun. Setelah dicari tahu, penyebabnya adalah ada pemain baru penjual kue ulang tahun yang mempromosikan kue melalui media sosial dengan berbagai macam model dan pilihan, pemesanannya juga mudah karena pelanggan tidak perlu datang ke toko sehingga bisa menghemat waktu.

Hal ini membuat pemilik toko Party Cake marah besar. Tetapi, apakah kemarahan si pemilik akan mengubah keadaan dan membuat tokonya kembali ramai?

Coba lihat seberapa sering tukang ojek pangkalan, sopir angkot, sopir taksi melakukan demo dengan adanya ojek dan taksi online, tapi nyatanya tidak banyak membawa perubahan yang signifikan. Market mereka tetap tergerus oleh pemain-pemain baru yang merusak dan mengganggu.

Era disruptif tidak bisa dihadapi dengan emosi, karena ini akan membuat Anda frustasi. Rasa frustasi yang berkelanjutan akan membuat Anda terserang depresi.

Dalam kondisi ini seorang sales perlu melakukan “3 si” yang berbeda, yaitu:

Adaptasi

Adaptasi sangat diperlukan oleh makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya. Maka tak heran, pada zaman dahulu kala dinosaurus punah akibat tidak bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Kalau saat ini semua orang sales menjual dengan menggunakan teknologi, maka Anda harus segera menyesuaikan diri dan beradaptasi.

Inovasi

Inovasi merupakan setiap ide ataupun gagasan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Di dunia yang berubah dengan sangat cepat, maka teknik menjual yang Anda lakukan juga perlu diubah, jangan hanya mengandalkan teknik canvassing atau pameran untuk mendapatkan prospek. Saya jadi teringat setiap kali menemani istri saya pergi ke Mangga Dua, setiap sales promoter-nya masih saja menyapa menggunakan cara lama dengan berteriak, “Boleh…, boleh Bu….” Bagaimana orang mau masuk ke toko kalau cara menyapa pelanggan Anda tidak ada inovasi.

Koneksi

Rasa kekeluargaan dan kekerabatan di Indonesia sangatlah tinggi, maka tidak aneh bila ada pelanggan memutuskan membeli produk atau jasa dari seorang sales hanya karena alasan kenal. Untuk itu, setiap sales di era disruptif ini harus mempunyai koneksi yang luas, gunakan media sosial untuk menjual diri sehingga teman-teman percaya kepada Anda. Tingkatkanlah online skills Anda agar koneksi semakin bertambah.

Perubahan akan selalu terjadi dalam kehidupan. Anda tidak perlu menyalahkan perubahan, tetapi lakukanlah adaptasi, inovasi, dan perluaslah koneksi.

Dedy Budiman,
Champion Sales Trainer
dedy@dedybudiman.com 

Website : http://dedybudiman.com

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital

Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital
Satu dekade terakhir terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam...


Millennials  & Creativity

Millennials & Creativity
Memang tak mudah untuk mendapat gelar Startup Unicorn.   Tapi Indonesia punya anak-anak muda kreatif yang menggawangi perusahaan rintisan&nb...


Fenomena Dual Screen

Fenomena Dual Screen
PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layan...


Membangun Marketing Channel di Media Digital

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru...


Strategic Branding Management

Strategic Branding Management
Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang t...


Membidik Pasar Milenial

Membidik Pasar Milenial
Berbicara digital dan milenial  itu dua hal yang saling berhubungan.   Enabler atau teknologi nya adalah digital, customernya  ada...


Menjadi Digital Brand Champion

Menjadi Digital Brand Champion
Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian bes...


Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunj...


Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital

Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital
Perkembangan teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat...


Digital Branding Atau Tergerus?

Digital Branding Atau Tergerus?
Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era...


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan

Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan
Banyak pembelajaran menarik bisa dipetik saat mengamati berbagai bisnis. Kali ini kita bahsa aspek yang dikaitkan dengan preferensi konsumen.  Me...


Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???

Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???
Kalimat diatas seringkali kita dengar dari beberapa orang terhadap barang yang sangat mahal. Tentunya akan lebih berbahaya jika diucapkan bagi tenaga...